BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Komputer adalah alat elektronik
otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengelolaan serta dapat
menjalankan sistem multimedia (film, music, televise, dan sbgnya). Komputer
tersebut terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta
unit pengontrolan. Peranan komputerdalam proses pembelajaran juga memiliki
perkembangan atau generasi ke generasi. Seperti generasi pertama menjelaskan
mengenai perangkat computer yang pertama kali dikembangkan adalahdesain pesawat
dan peluru kendali. Perkembangan computer tersebut memiliki generasi pertama
sampai generasi kelima, yang menjelaskan mengenai bukti-bukti munculnya alat
canggih tersebut seperti smartphone, tablet, netbook, dan barang elektronik
lainnya.
Akan tetapi media computer tersebut
selain memiliki dampak positif terhadap penggunaan computer juga memiliki
dampak negative terhadap penggunaan computer baik dalam pembelajaran, maupun kalangan
pengguna computer lainnya.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana dampak positif pada
penggunaan komputer?
2. Bagaimana dampak negatif terhadap
penggunaan komputer?
3. Bagaimana solusi mengatasi
penggunaan komputer pada pembelajaran?
C.
Tujuan Dan Manfaat
Agar para pembaca mengetahui
dampak-dampak yang terjadi pada penggunaan komputer baik dampak positif,
negatif dan solusi penggunaan yang dapat memperbaiki pada penggunaan computer.
Baca Juga Postingan Lain Dari Blog Ini !!
Kumpulan Critical Book Report [Tersedia >50 Jenis CBR]
Critical Journal Report [Tersedia > 40 Jenis]
Contoh Laporan Mini Riset [Tersedia >25 Jenis]
Kumpulan Makalah Berbagai Jenis Tema [Tersedia >100 Jenis]
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian
Dampak negative dari pembelajaran
dengan media ICT adalah ;
Siswa
kurang memperhatikan saat proses pembelajaran
Media ICT mempunyai banyak aplikasi
yang memudahkan pemakainya. Namun, terkadang karena terlalu berlebihan siswa
malah memperhatikan penggunaan aplikasi tersebut bukan materinya.
Siswa
kurang memahami materi yang disampaikan
Untuk beberapa mata pelajaran siswa
mungkin dapat memahami dengn mudah materi yang disampaikan. Namun untuk
beberapa siswa kurang memahami materi di beberapa materi tersebut. Ini dikarenakan
penggunaan media kurang sesuai dengan harapannya meningkatkan kreatifitas
siswa. Yang terjadi adalah komunikasi searah yang kemudian pembelajaran
tersebut menjadi kurang diminati siswa.
Memberikan
masalah baru kepada sekolah
Dampak positif teknologi terhadap
dunia pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai pendapat pakar dari
berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa kehadiran teknologi baru seperti internet
dan lain-lain akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Namun perlu disadari
bahwa kehadiran teknologi tersebut di sekolah juga menimbulkan masalah baru
apabila sekolah tidak siap antara lain :
Sarana
disekolah belum memadai
Keterbatasan
biaya dan tenaga operasional
Kepala
sekolah dan guru kurang sadar akan pentingnya media pendidikan
Beban
orang tua siswa lebih berat
Kondisi
keamanan sekolah kurang memadai
Persepsi
yang salah terhadap media pembelajaran
Guru
merasa terbebani
Melihat banyaknya dampak negatif
media ICT terutama menimbulkan masalah baru bagi sekolah, maka diperlukan
solusi agar pembelajaran dengan media ICT dapat berjalan lancer. Solusi
tersebut adalah :
Guru
mengulas ulang materi yang disampaikan
Siswa
seharusnya memiliki bekal terlebih dahulu
Penggunaan
aplikasinya jangan terlalu berlebihan
Lebih
ditingkatkan penialaian individual
Pembelajaran
dibuat lebih menyenangkan
Dampak serta masalah yang timbul
dari pembelajaran dengan media ICT bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah
maupun siswa saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak baik orangtua/wali
murid, masyarakat dan pemerintah.
Dampak
Negatif :
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak
ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas,
maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’
situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’
(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling
banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak
melakukan kejahatan dalam bidang ini.
4. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya
perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke
tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
5. kecanduan game online
a. Mengganggu kesehatan
b. Perubahan pola makan dan
istirahat
c. Terbengkalainya kegiatan di dunia
nyataPemborosan
d. Berbicara kasar dan kotor
e. Mendorong melakukan hal-hal
negatif
f.
Gangguan jiwa
6. Banyak terjadi aksi penipuan
dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. Programer yang
terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk
diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Komputer sudah menjadi hal yang
biasa dikalangan masyarakat. Dari tahun ke tahun, berbagai aplikasi pendukung
dikembangkan dengan kecanggihannya masing-masing. Penerapannya tersebar dalam
berbagai sendi kehidupan, dan manfaat komputer tidak perlu diragukan lagi. Di
samping manfaatnya yang sangat beragam, komputer mempunyai sisi negatif yang
cukup mengkhawatirkan. Diantaranya :
1.
Dampak negatif pada bidang kesehatan
a. Radiasi
Mata adalah organ tubuh yang paling
mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola
mata ke layar monitor.
Tampilan layar monitor yang terlalu
terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan
lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau)
pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu
penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan
kerja juga berpengaruh pada beban mata. Pemakaian layar monitor yang tidak
ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata.
Berdasarkan hasil penelitian, 77%
para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa
pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata
bahkan kemungkinan katarak mata.
Bila operator komputer menggunakan
soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata
yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga
bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa
dan kelopak mata.
Ruang berpendingin (AC) akan lebih
memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga
air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan,
untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata
radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu
sekitar 0,01739 m Rem per tahun.
Harga tersebut jauh lebih rendah
dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi
(terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju
dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun.
Akhir-akhir ini banyak dijual kaca
filter untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar
dari komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter
kesilauan (glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.
b. Asthenopia
Yaitu pupil mata menjadi lambat
bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan
(menurut laporan WHO dapat mencapai 75% – 90%).
c. Penurunan hormon melatonin
Penurunan hormon melatonin
diakibatnya oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan
elektromagnet. Cahaya maupun paparan medan elektromagnet dengan intensitas
tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan
berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan
keletihan, serta insomnia.
d. Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim
buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer
sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah
sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia
dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
e. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi
yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini
menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan
lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka
penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse
Injuries).
f. Computer Anxiety (darurat,
ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini
menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat
dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah
mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada
banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana
dengan menekan kunci yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka
dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka
menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet.
Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non
teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada
sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap
komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai
kemampuan matematika yang rendah.
2. Dampak negatif pada bidang Sosial
a. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial
terbentuk melalui isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini
komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah
permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer
untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Biasanya mereka memainkan permainan
kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang
beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan
didalamnya. Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen,
permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan
kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi.
Bahkan sebuah penelitian menyatakan
bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat
anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau
pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
b. Kemerosotan Moral
Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu
menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan
sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam
rohani”. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti
gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal
yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial.
c.
Kurangnya Interaksi Sosial
Pola interaksi antar manusia yang
berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke
atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan
telefon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia
luar tanpa harus bertatap muka.
Hal ini tentu saja mengurangi
tingkat interaksi sosial dikalangan masyarakat, orang menjadi anti-sosial
karena terbiasa berhadapan dengan komputer. Pengguna seakan-akan menemukan
dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman. Orang akan menjadi jarang
berinteraksi dengan lingkungannya dan lama-kelamaan seseorang akan sulit
menjalin komunikasi dengan orang-orang disekitarnya.
Kemajuan teknologi juga berpotensi
mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal. Waktu untuk bercengkerama
secara langsung berkurang karena sekarang waktu tersita untuk menikmati
semuanya dalam kesendirian. Bahkan permainan pun bersifat individual sehingga
makin memperkecil jalinan relasi.
3. Dampak negatif pada bidang
pendidikan
a. Siswa menjadi malas karena
komputer dianggap dapat menyelesaikan tugasnya.
b. Siswa mengalami penurunan
kemandirian karena tergantung pada komputer.
c. Memiliki wawasan sempit karena
siswa menjadi berpikir jika semua ada di komputer sehingga tidak membuka diri
untuk pengetahuan dunia luar (lingkungannya).
d. Siswa, kemungkinan besar tanpa
sepengetahuan orangtua, “mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur
seperti kekerasan dan agresivitas.
e. Akses negatif lewat internet
f. Pengaruh negatif lain bagi anak,
adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain
komputer diduga memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun
melakukan aktivitas sosial.
g. Kecanduan bermain komputer bisa
terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain
komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu
bermain komputer.
4. Dampak negatif pada bidang
industri
a. Mengurangi kesempatan kerja,
dengan sistem otomatisasi industri, semua tugas manusia digantikan oleh
mesin-mesin dan aplikasi komputer
b. Biaya perawatan dan pemeliharaan
mesin dan robot dalam bidang industri relatif mahal.
c. Kurangnya sumber daya manusia
yang mampu mengontrol dan menjalankan alat – alat berteknologi canggih.
d. Pemborosan energi, setiap mesin
membutuhkan energi untuk bisa beropersasi misalnya energi listrik atau bahan
bakar.
e.
Dampak negatif lainnya
a. Memungkinkan seseorang, khususnya
anak-anak untuk meniru budaya kekerasan dan budaya yang tidak sesuai dengan
adat bangsa Indonesia.
b. Memungkinkan munculnya penipuan
atau jenis kejahatan baru melalui internet
c. Berbagi file yang tidak
dikehendaki. Kemudahan berbagi file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena
dibaca oleh orang yang tidak berhak mengksesnya.
d. Penyebaran Virus Komputer
e.
Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan. Berbagai peralatan
TIK seperti komputer, internet, banyak menayangkan dan menampilakan
tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang
dengan cepat ditiru para penikmatnya.
f. Kemajuan teknologi berpotensi
membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga
menganggap bahwa apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang
terlengkap dan final. Pada faktanya ada begitu banyak hal yang mesti digali
lewat proses pembelajaran tradisional dan internet tidak bisa menggantikan
kedalaman.
g. Kemajuan teknologi mempercepat
segalanya dan tanpa disadari anak pun dikondisikan untuk tidak tahan dengan
kelambanan dan keajegan. Alhasil anak makin hari makin lemah dalam hal
kesabaran serta konsentrasi dan cepat menuntut orang untuk memberi yang
diinginkannya dengan segera.
BAB
III
SOLUSI
PENGGUNAAN KOMPUTER
A.
Solusi
Solusi untuk mengatasi dampak
negatif komputer yang satu ini adalah dengan memanfaatkan peran orang tua agar
memberi perhatian lebih pada anak-anak. Dalam hal memberi pengertian pada
anak-anak agar mengerti apa saja fungsi utama komputer dan hal-hal yang perlu
diseimbangkan dalam proses penggunaannya sehari-hari.
Buatlah anak agar tidak terlalu
tergantung pada komputer, sehingga beberapa proses pembelajaran yang melibatkan
kegiatan secara manual masih perlu diterapkan. Yakinkan mereka bahwa komputer
bisa saja sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan atau kondisi dimana tidak bisa
digunakan sama sekali. Dengan begitu maka anak-anak bisa mengerti bahwa selain
melakukan sebuah kegiatan dengan menggunakan komputer, mereka juga dituntut
untuk bisa melakukan kegiatan lainnya yang bersifat manual dengan baik.
Lihat Juga!
Lihat Juga!
BAB
IV
SIMPULAN
DAN SARAN
A.
Simpulan
Dapat disimpulkan bahwa computer
tidak hanya membawa dampak positif saja terhadap penggunaan computer, melainkan
juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap penggunaan computer, khususnya
yang belum mengetahui lebih dalam mengenai computer. Karena computer juga dapat
memberikan pengaruh buruk terhadap media pembelajaran, seperti seorang anak
yang menduduki pendidikan smp, sangat berakibat fatal jika seorang anak
tersebut belum mengetahui lebih jelas mengenai computer.
B.
Saran
Kepada pengguna computer disarankan
agar menggunakan computer dengan sebaik mungkin, tanpa menyimpang dari apa yang
ingin didapat di dalam media computer.
DAFTAR
PUSTAKA
http://tyas92.blogspot.com/2010/09/efek-komputer-terhadap-tenaga-kerja_19.html
http://rendiboy.wordpress.com/dampak-komputer-dalam-kehidupan-sosial/
http://agusp3rmana.wordpress.com/modulku/komputer-masyarakat/
https://docs.google.com/document/d/1ZsjoOYKiLeg5bvLT-QbD6HReG1w0CTDTqx5MbCS8ff8/edit
http://www.safetysign.co.id/news/106/Mewaspadai-Pengaruh-Negatif-Radiasi-Komputer-Laptop-terhadap-Mata-dan-Tubuh-Anda
http://up-alfian-9h.blogspot.com/2011/02/dampak-negatif-komputer-terhadap.html
Sumber;http://anakunimedkelsembilan.blogspot.co.id
Contoh Video Rekaman Mini Riset Tema Kebudayaan/Masyarakat: