MINI RISET - Penelitian Penggunaan Komputer Pada Siswa Atau Anak - Dampak Positif Dan Dampak Negatif Penggunaan Komputer


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengelolaan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, music, televise, dan sbgnya). Komputer tersebut terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Peranan komputerdalam proses pembelajaran juga memiliki perkembangan atau generasi ke generasi. Seperti generasi pertama menjelaskan mengenai perangkat computer yang pertama kali dikembangkan adalahdesain pesawat dan peluru kendali. Perkembangan computer tersebut memiliki generasi pertama sampai generasi kelima, yang menjelaskan mengenai bukti-bukti munculnya alat canggih tersebut seperti smartphone, tablet, netbook, dan barang elektronik lainnya.
Akan tetapi media computer tersebut selain memiliki dampak positif terhadap penggunaan computer juga memiliki dampak negative terhadap penggunaan computer baik dalam pembelajaran, maupun kalangan pengguna computer lainnya.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana dampak positif pada penggunaan komputer?
2. Bagaimana dampak negatif terhadap penggunaan komputer?
3. Bagaimana solusi mengatasi penggunaan komputer pada pembelajaran?

C. Tujuan Dan Manfaat
Agar para pembaca mengetahui dampak-dampak yang terjadi pada penggunaan komputer baik dampak positif, negatif dan solusi penggunaan yang dapat memperbaiki pada penggunaan computer.


Baca Juga Postingan Lain Dari Blog Ini !!
Kumpulan Critical Book Report [Tersedia >50 Jenis CBR]
Critical Journal Report [Tersedia > 40 Jenis]
Contoh Laporan Mini Riset [Tersedia >25 Jenis]
Kumpulan Makalah Berbagai Jenis Tema [Tersedia >100 Jenis]


BAB II
PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Dampak negative dari pembelajaran dengan media ICT adalah ;
Siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran
Media ICT mempunyai banyak aplikasi yang memudahkan pemakainya. Namun, terkadang karena terlalu berlebihan siswa malah memperhatikan penggunaan aplikasi tersebut bukan materinya.
Siswa kurang memahami materi yang disampaikan
Untuk beberapa mata pelajaran siswa mungkin dapat memahami dengn mudah materi yang disampaikan. Namun untuk beberapa siswa kurang memahami materi di beberapa materi tersebut. Ini dikarenakan penggunaan media kurang sesuai dengan harapannya meningkatkan kreatifitas siswa. Yang terjadi adalah komunikasi searah yang kemudian pembelajaran tersebut menjadi kurang diminati siswa.
Memberikan masalah baru kepada sekolah
Dampak positif teknologi terhadap dunia pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai pendapat pakar dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa kehadiran teknologi baru seperti internet dan lain-lain akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Namun perlu disadari bahwa kehadiran teknologi tersebut di sekolah juga menimbulkan masalah baru apabila sekolah tidak siap antara lain :
Sarana disekolah belum memadai
Keterbatasan biaya dan tenaga operasional
Kepala sekolah dan guru kurang sadar akan pentingnya media pendidikan
Beban orang tua siswa lebih berat
Kondisi keamanan sekolah kurang memadai
Persepsi yang salah terhadap media pembelajaran
Guru merasa terbebani
Melihat banyaknya dampak negatif media ICT terutama menimbulkan masalah baru bagi sekolah, maka diperlukan solusi agar pembelajaran dengan media ICT dapat berjalan lancer. Solusi tersebut adalah :
Guru mengulas ulang materi yang disampaikan
Siswa seharusnya memiliki bekal terlebih dahulu
Penggunaan aplikasinya jangan terlalu berlebihan
Lebih ditingkatkan penialaian individual
Pembelajaran dibuat lebih menyenangkan
Dampak serta masalah yang timbul dari pembelajaran dengan media ICT bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah maupun siswa saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak baik orangtua/wali murid, masyarakat dan pemerintah.
Dampak Negatif :
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

3. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
4. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.
5. kecanduan game online
a. Mengganggu kesehatan
b. Perubahan pola makan dan istirahat
c. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyataPemborosan
d. Berbicara kasar dan kotor
e. Mendorong melakukan hal-hal negatif
f.  Gangguan jiwa

6. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Komputer sudah menjadi hal yang biasa dikalangan masyarakat. Dari tahun ke tahun, berbagai aplikasi pendukung dikembangkan dengan kecanggihannya masing-masing. Penerapannya tersebar dalam berbagai sendi kehidupan, dan manfaat komputer tidak perlu diragukan lagi. Di samping manfaatnya yang sangat beragam, komputer mempunyai sisi negatif yang cukup mengkhawatirkan. Diantaranya :
1. Dampak negatif pada bidang kesehatan
a. Radiasi
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor.
Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata.
Berdasarkan hasil penelitian, 77% para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Bila operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata.
Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun.
Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun.
Akhir-akhir ini banyak dijual kaca filter untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter kesilauan (glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.
b. Asthenopia
Yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan (menurut laporan WHO dapat mencapai 75% – 90%).
c. Penurunan hormon melatonin
Penurunan hormon melatonin diakibatnya oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan elektromagnet. Cahaya maupun paparan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.
d. Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebihrendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
e. Repetitive Strain Injury (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
f. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang rendah.

2. Dampak negatif pada bidang Sosial
a. Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk melalui isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan didalamnya. Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi.
Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
b. Kemerosotan Moral
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.  Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial.
c.  Kurangnya Interaksi Sosial
Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telefon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar tanpa harus bertatap muka.
Hal ini tentu saja mengurangi tingkat interaksi sosial dikalangan masyarakat, orang menjadi anti-sosial karena terbiasa berhadapan dengan komputer. Pengguna seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman. Orang akan menjadi jarang berinteraksi dengan lingkungannya dan lama-kelamaan seseorang akan sulit menjalin komunikasi dengan orang-orang disekitarnya.
Kemajuan teknologi juga berpotensi mendorong anak untuk menjalin relasi secara dangkal. Waktu untuk bercengkerama secara langsung berkurang karena sekarang waktu tersita untuk menikmati semuanya dalam kesendirian. Bahkan permainan pun bersifat individual sehingga makin memperkecil jalinan relasi.
3. Dampak negatif pada bidang pendidikan
a. Siswa menjadi malas karena komputer dianggap dapat menyelesaikan tugasnya.
b. Siswa mengalami penurunan kemandirian karena tergantung pada komputer.
c. Memiliki wawasan sempit karena siswa menjadi berpikir jika semua ada di komputer sehingga tidak membuka diri untuk pengetahuan dunia luar (lingkungannya).
d. Siswa, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, “mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas.
e. Akses negatif lewat internet
f. Pengaruh negatif lain bagi anak, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan bermain komputer diduga memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.
g. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer.

4. Dampak negatif pada bidang industri
a. Mengurangi kesempatan kerja, dengan sistem otomatisasi industri, semua tugas manusia digantikan oleh mesin-mesin dan aplikasi komputer
b. Biaya perawatan dan pemeliharaan mesin dan robot dalam bidang industri relatif mahal.
c. Kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengontrol dan menjalankan alat – alat berteknologi canggih.
d. Pemborosan energi, setiap mesin membutuhkan energi untuk bisa beropersasi misalnya energi listrik atau bahan bakar.

e.  Dampak negatif lainnya
a. Memungkinkan seseorang, khususnya anak-anak untuk meniru budaya kekerasan dan budaya yang tidak sesuai dengan adat bangsa Indonesia.
b. Memungkinkan munculnya penipuan atau jenis kejahatan baru melalui internet
c. Berbagi file yang tidak dikehendaki. Kemudahan berbagi file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena dibaca oleh orang yang tidak berhak mengksesnya.
d. Penyebaran Virus Komputer
e.    Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan. Berbagai peralatan TIK seperti komputer, internet, banyak menayangkan dan menampilakan tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang dengan cepat ditiru para penikmatnya.
f. Kemajuan teknologi berpotensi membuat anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga menganggap bahwa apa yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final. Pada faktanya ada begitu banyak hal yang mesti digali lewat proses pembelajaran tradisional dan internet tidak bisa menggantikan kedalaman.
g. Kemajuan teknologi mempercepat segalanya dan tanpa disadari anak pun dikondisikan untuk tidak tahan dengan kelambanan dan keajegan. Alhasil anak makin hari makin lemah dalam hal kesabaran serta konsentrasi dan cepat menuntut orang untuk memberi yang diinginkannya dengan segera.

BAB III
SOLUSI PENGGUNAAN KOMPUTER
A. Solusi
Solusi untuk mengatasi dampak negatif komputer yang satu ini adalah dengan memanfaatkan peran orang tua agar memberi perhatian lebih pada anak-anak. Dalam hal memberi pengertian pada anak-anak agar mengerti apa saja fungsi utama komputer dan hal-hal yang perlu diseimbangkan dalam proses penggunaannya sehari-hari.
Buatlah anak agar tidak terlalu tergantung pada komputer, sehingga beberapa proses pembelajaran yang melibatkan kegiatan secara manual masih perlu diterapkan. Yakinkan mereka bahwa komputer bisa saja sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan atau kondisi dimana tidak bisa digunakan sama sekali. Dengan begitu maka anak-anak bisa mengerti bahwa selain melakukan sebuah kegiatan dengan menggunakan komputer, mereka juga dituntut untuk bisa melakukan kegiatan lainnya yang bersifat manual dengan baik.
Lihat Juga!
BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Dapat disimpulkan bahwa computer tidak hanya membawa dampak positif saja terhadap penggunaan computer, melainkan juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap penggunaan computer, khususnya yang belum mengetahui lebih dalam mengenai computer. Karena computer juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap media pembelajaran, seperti seorang anak yang menduduki pendidikan smp, sangat berakibat fatal jika seorang anak tersebut belum mengetahui lebih jelas mengenai computer.

B. Saran
Kepada pengguna computer disarankan agar menggunakan computer dengan sebaik mungkin, tanpa menyimpang dari apa yang ingin didapat di dalam media computer.

DAFTAR PUSTAKA
http://tyas92.blogspot.com/2010/09/efek-komputer-terhadap-tenaga-kerja_19.html
http://rendiboy.wordpress.com/dampak-komputer-dalam-kehidupan-sosial/
http://agusp3rmana.wordpress.com/modulku/komputer-masyarakat/
https://docs.google.com/document/d/1ZsjoOYKiLeg5bvLT-QbD6HReG1w0CTDTqx5MbCS8ff8/edit
http://www.safetysign.co.id/news/106/Mewaspadai-Pengaruh-Negatif-Radiasi-Komputer-Laptop-terhadap-Mata-dan-Tubuh-Anda
http://up-alfian-9h.blogspot.com/2011/02/dampak-negatif-komputer-terhadap.html

Sumber;http://anakunimedkelsembilan.blogspot.co.id

Contoh Video Rekaman Mini Riset Tema Kebudayaan/Masyarakat:

Followers

Copyright © Education Support. Designed by OddThemes and Seotray.com