BAB
1
PENDAHULUAN
Sering kali kita bingung memilih
buku referensi untuk kita baca dan pahami.Terkadang kita memilih satu
buku,namun kurang memuaskan hati kita.Misalnya dari segi analisis bahasa ,
pembahasan tentang kepemimpinan .
Oleh karena itu, penulis membuat
Critical Book Report ini untuk mempermudah pembaca dalam memilih buku
referensi,terkhusus pada pokok bahasa tentang kepemimpinan.
1.2
Tujuan penulisan CBR
Mengkritisi/membandingkan satu topik
materi kuliah kepemimpinan dalam dua buku yang berbeda.
1.3
Manfaat CBR
• untuk menambah wawasan tentang
kepemimpinan.
• Untuk mengetahui metode dan
sifat-sifat seorang pemimpin.
• Untuk mengetahui prinsip apa yang
ditanam dalam pemimpin.
1.4
Identitas buku
Sumber Gambar: bukupedia.com |
• Judul :Executive Charisma
• Edisi :pertama 2003
• Pengarang :D.A. Benton
• Penerbit :McGraw-Hill
• Kota terbit :New York Chicago San
Francisco Lisbon london
• Tahun terbit :2003
• ISBN :0-07-141190-9
BAB
II RINGKASAN ISI BUKU
BAB
1 : JADILAH YANG PERTAMA UNTUK MEMULAI
Hidup kita dalah milik kita ketika
kita memulai. Dan hidup kita milik orang lain ketika kita tidak memulai.
Langkah pertama dalam EXECUTIVE
CHARISMA berbicara tentang memulai dalam membuat gerakan pertama. Jika kita
menunggu sampai orang lainmelakukannya, kita mungkin akan menunggu selamanya.
Ada banyak kesempatan kesempatan dalam hidup kita yang terampas jika hanya
menunggu.
Kita tidak dapat membiarkanya tampa
mencoba. Kita aharus mengambil kesempatan sebelum kita siap, sebelum kita
diundang, sebelum kita merasa nyaman dan sebelum es meleleh.
Kita tidak harus memulai bisnis
sendiri hari ini, tetapi kita harus membuat beberapa tindakan diluar jona
kenyamana kita kita dapat menjadi prokmamtis, fokus, mengurangi resiko, tetapi
kita juga harus berani membuat tindakan.
Kita harus pergi keluar dari level
nyaman kita untuk memulai. Jika kita menunggu sampai bertindak itu akan
menyakitkan, kita akan menunggu selamanya.disamping itu, cobalah hal bbaru yang
mengerikan pada awalnya. Semakin baik persaingan yang akan kita nikmati dengan
kemuliaan.
Ketika kita memulai,kita melakukan
sesuatu untuk diri kita yang tidak ada satupun yang dapat mengambilnya dari
kita.
Bagaimana untuk memulai?
1. Sisihkan rasa takut atau
setidaknya jauhkan
2. Ambillah kesempatan;ambil
beberapa pada setiap tindakan.
3. Tetaplah konsisten
1. Sisihkan rasa takut atau paling
tidak jauhkan
Jangan biarkan rasa takut membawamu
kembali kemasa lalu,ada banyak hal besar dan kesempaan yang baik hilang ketika
kita membiarkan orang lain lain atau situasi menakuti kita.
Ada 2 tipe manusia didunia yaitu
mereka yang bersedia untuk mengambil resiko dan orang lain. Menikmati resiko
kadang-kadang karena jika tidak pernah melakukan nya kita tidak akan tahu apa
yang dapat kita lakukan. Ambillah resiko yang besar juga karena hal-hal kecil
itu tidaklah berarti apa-apa.
2. Ambillah kesempatan –ambil
beberapa pada setiap tindakan
Satu, dua atau sepulah menit itu
membawa kita untuk melakukan apa yang ditakutkan yang paling menentukan sisa
hidup ini. Kesuksesan kita,kebahagiaan, masa depan dan keberuntungan tergantung
pada keinginan kita untuk memulai.
Malcom Forbes menuliskan:”kamu dapat
bergerak dengan kakimu sendiri, kamu dapat menggunakan tangan kamu sendiri,
kamu harus berdiri diatas kakimu sendiri, secara fisik dan mental, Kamu harus
ambil langkahmu sendiri,kamu harus memerintahkan lidah kamu sendiri, kamu harus
menggali tugumu di lubangmu. Yang mana yang sedang kamu lakukan?”
Hal-hal yang dapat membawamu keluar
dari kotak adalah
1. Latihlah kemampuanmu untuk
memulai sehingga itu menjadi kebiasaanmu.
2. Belajarlah hal hal baru.
3. Keluarlah dari kebiasaan,
patahkan kebiasaan lama, dan cobalah hal-hal yang berbeda.
3.Tetaplah konsisten
Kita tahu bahwa kita butuh keinginan
untuk mencapai hal baru, tetapi apa yang sebenarnya membuat perbedaan adalah
disiplin untuk mencoba.
Ketika kita mencoba jangan kecewa
dengan reaksi yang lain. Bahkan ketika kita melakukan segala yang benar, ada
beberapa orang yang tidak merespon apa yang kita inginkan atau harapkan. Jangan
frustasi atau jangan putus asa, tentukan langkah kita ,mulailah dan coba lagi.
Seperti pelatih NFL Mike Ditha katakan”kamu tidak akan pernah kalah sampai kamu
berhenti mencoba.
“orang-orang yang sukses punya sifat
yang proaktif”kata Gayle Crowlell Partner”
BAB
2: BERHARAP DAN MENERIMA UNRUK MEMPERTAHANKAN ORANG LAIN
Berharap dan menerima untuk
mempertahankan harga diri harus menjadi mental kita unutk membangun EXECUTIVE
CHARISMA(KARISMA EKSEKUTIF), tampa komponen ini setiap gerakan kita control
efeknya pada orang lain,dapat berakhir,memanipulasi, licik, dan permainan itu
bukanlah yang ingin disampaikan buku ini.
Jika kita tidak berharap
menerima,kita tidak akan mendapatkan apapun. Jika kita berharap,mungkin saja.
Lupakan malu,berkeringat,gemetar yang seperti anda harapkan. Abaikan jantung
yang berdebar, yang mengintimidasi orang-orang, malu berbicara dengan orang
asing,takut otoritas, atau kemungkinan orang lain mengkritik kita.
Jisa kita memberikan penerimaan
kepada orang lain, mereka hanya bisa hidup sampai disitu. Jika kita tidak
memberikan, merelka akan menunjukkan pada kita, kita tidak dapat memilih siapa
saja yang memberi anda penerimaan kamu harus menerima orang lain apa adanya
tidak seperti yang anda inginkan.
Latihlah aturan yang baik berilah
orang yang kamu piker kamu tidak akan melihatnya lagi dan perakukan yang sama,
yang kamu berikan ini yang kamu inginkan.
• Belajarlah menerima
Belajar menerima akan membuat diri
kita sendiri setara dengan orang lain. Tidak ada seseorang pun di atas kita
atau dibawah kita. Kita semua dilevel yang sama
Bagaiman untuk belajar menerima?
• Katakana lah pada diri anda “saya
memadai”
• Berperilakulah seolh-olah kamu
belajar menerima
• Teruslah melakukannya bahkan
ketika anda tidak mendapatkannya
Ketika kita dihadapkan dengan sebuah
ujian.
• Tetaplah menerima dengan keadaan
apapun.
• Tidak mempedulikan pendapat dari
yang lain selama kita benar.
• Jangan mengambil sikap bertahan.
• Mintalah dikritik.
• Perhatikanlah motivasi oang lain.
• Ingat, hal itu lebih pad orang
lain dari pada diri kita.
• Jangan menyamaratakan.
• Temukanlah humor didalamnya.
• Berubahlah kejalan yang lebih
baik.
• Memberikan penerimaan
Bagaimana untuk memberikan
penerimaan:
• Pikirkanlah bahwa orang lain juga
sanggup.
• Ciptakanlah bahaw orang lain
seolah-olah mereka sanggup.
• Tetap menerima bahkan ketika orang
lain tampaknya tidak menerimanya.
• Mempertahan kan harga diri
• Bagaimana untuk mempertahankan
harga diri anda dan orang lain
• Tetap konsisten mengikuti aturan
golden(terbaik)
• Pilih dan control perspektif anda.
• Tetap optimis,arahkan dirimu orang
lain dan hidupmu.
BAB
3 :BERTANYA DAN MEMINTA BANTUAN
Bertanya dan mentransfer energy
positif dari kita kepada orang lain mempertahankan harga diri orang lain pada
saat yang sama menyelesaikan tujuan untuk kita.
Bertanya
Ketika kita bertanya kita juga
belajar. Pertanyaan membantu kita memkonfirmasi atau memverifikasi apa yang
kita tahu atau yang kita pikir kita tahu.
Bagaimana
cara bertanya?
• Pilihlah kata-kata dan nada dengan
hati-hati
• Perhatikanlah susunan
pertanyaannya.
• Samaikan informasi tampa bertanya
lebih dahulu.
Meminta
bantuan
Seperti halnya kita butuh bertanya,
kita mungkin membuat kesalahan yang kita pikir bahwa jika
kita”melakukannya”untuk orang lain akan memghargai dan menilai kita.
Bagaimana
cara meminta bantuan?
• Tanyalah :maukah anda membantu
saya?
• Buatlah sederhana lebih spesifik.
• Berterimakasihlah
BAB
4 : BERDIRI TEGAK, LURUS DAN TERSENYUM
BERDIRI
TEGAK DAN LURUS
Orang-orang mungikin mengukur
kemampuan kita sesuai dengan apa yang mereka lihat dari pada apa yang kita
katakana dan lakukan
Kita harus memastikan bahwa pesan
yang ingin disampaikan adah pesan yang ingin kamu inginkan.
Bagaimana
berdiri tegak danm lurus
• Lakukan dengan apa yang kamu
punya.
• Tarik nafas dan bernafas.
• Putuskanlah untik hidup selama
sisa hidupmu dengan sehat,postur yang baik.
Tersenyum
Wajah kita menyampaikan banyak hal
dari sebahagian tubuh kita
Apa yang anda bahu, rambut atau kaki
kita sampaikan?
Bagian tubuh lain yang juga
informatif adalah tangan kita. Ekspresi wajah kita untuk naik atau tidak. Hal
itu adalah tempat pertama yang orang orang, mereka hendak menyukai, mempercayai
atau mengingat kita
Suatu eksptesi wajah professional
membuat kita terlihat seperti kita dalah seseorang pemikir membantu kita untuk
tehubung lebih cepat memberikan kredibilitas pada koneksi kita,dan stabilitasi
masa depan yang akan datang.
Bagaimana
cara tersenyum?
• Refleksikan rahang,biarkan bibirmu
merapat dan naikkan sudut mulut kita.
• Biarkan ekspresi ini untuk waktu
yang lama.
BAB
5 : JADILAH MANUSIAWI, HARMONIS DAN TANGAN RINGAN.
Anda berurusan dengan orang-orang
dengan cara kepribadian, mereka akan lebih ve untuk apa yang kita coba capai.
Sebuah cara kepribadian berkaitan dengan dan berkomunikasi dengan orang-orang
sebagai sesama manusia. Menggunakan humor dan bahkan secara fisik menyentuh
mereka dengan hormat menerima.
Jika Anda mencoba aspek lain dari
Executive Charisma tanpa ini kita akan gagal. Jika Anda hanya melakukan ini
tanpa orang lain,kita akan melakukan hal baik. Tapi Anda andi ingin menyelesaikan
Charisma Executive, jadi kami melakukan itu semua.
“Judul Anda memberikan Anda satu
hal. Tanggung jawab untuk mengurus orang-orang yang melaporkan kepada Anda,
“kata Mark Gunn, wakil presiden orang-Mac Digital. “Jadilah adil, benar, dan
adil untuk semua orang. Itu yang mereka ingin.
Kombinasi dari manusia, humoris, dan
sensitif
• nasip didirikan dengan judul,
posisi, atau peran.
• Kebutuhan ada interpretasi, tidak
memiliki logat asing yang sulit.
• Menyediakan komunikasi instan.
• Situasi dasar untuk kepercayaan
dalam hubungan.
• Menghubungkan dengan orang-orang
dan meningkatkan ikatan.
• Meningkatkan disukai.
• Menghemat waktu dalam
mengembangkan afinitas
• Membantu Anda bergaul dengan
jangkauan yang lebih luas dari orang cepat
• Memungkinkan Anda untuk mendekat
sesering yang Anda inginkan
• Mendapat Anda melalui situasi
sulit
Untuk tidak menjadi manusia adalah
untuk menciptakan hambatan, mempersulit komunikasi , tidak disukai, membuang
waktu, membatasi ruang lingkup Anda terpengaruh dan bahkan mungkin menyebabkan
kita untuk terlihat palsu, korupsi, dan mengasingkan
Negara Ritz-Carlton pelatihan
layanan pelanggan, ” Elegance w keluar kehangatan adalah kesombongan.
“Orang-orang tidak dapat tertipu. Mereka dengan cepat memberitahu “kutu buku
dan turds” sebagai salah satu perusahaan musik CEO itu. “Orang-orang melihat
masa lalu peringkat-masa lalu.
Anda tidak bisa menjadi seperti
orang di restoran Denver yang terdengar mengatakan, “Apakah orang-orang Anda
memanggil orang-orang saya. Jika Anda memiliki orang, memanggil orang-orang
saya dan kami akan mendapatkan beberapa orang, kami akan melakukan makan siang.
”
Bagaimana
menjadi lebih manusiawi.
• Berhenti berputar putar dan
terlihat menarik.
• Berbuatlah seolah olah tertarik
ketika orang lain tidak.
• Jangan terlalu berlebihan.
Bagaimana
menjadi harmonis?
• Cobalah harmonis.
• Latilah selalu humor kamu lakukan
itu sebelum mereka melakukan dan ketika orang lain tidak melakukan
• Jangan terlalu berlebihan.
Bagaimana
cara membuat orang lain tersentuh
• Milikilah karakter yang benar,
menggunakan teknik yang bagus
• Tetaplah konsisten
• Jangan terlalu berlebihan.
BAB
6 :PELAN-PELAN DIAM DAN DENGARKAN.
Banyak dalam buku ini telah
melakukannya: Anda mengambil inisiatif mengajukan pertanyaan, meminta bantuan,
menggunakan humor, sentuhan, dan senyum. Bagian dari melambat, menutup, dan
mendengarkan.Ingat, Executive Charisma tidak sebanyak tentang Anda sebagai
tentang efek Anda pada orang lain dan yang datang bukan hanya dari apa yang
Anda katakan dan lakukan tapi dari diri Anda tidak mengatakan dan tidak
melakukan.
Segala sesuatu yang Anda bisa
lakukan dan katakan tidak penting untuk dilakukan dan mengatakannya setiap
hari. Meninggalkan beberapa hal tak terkatakan sehingga orang mendengar apa
yang anda katakan.
Pelan
pelan
Pelan pelan berarti tetap diatas
kesadaran bertingkah laku dalam setiap gerak gerik,aksi,reaksi berjalan dan
berbicara.
Pelan-pelan tidak berarti menyeret
hal-hal, yang membosankan; laggardly, bergerak dengan kecepatan siput, atau
menjadi lamban, tua, dan d-Iooking. Juga tidak berarti menjadi keras kepala,
menyeret kaki Anda seorang anak yang disengaja, bertindak takut, atau mengikuti
di belakang. Memperlambat ms menjadi tujuan dan bertindak dengan kesadaran.
Ambil waktu untuk lebih dahulu
memikirkan efek yang kita inginkan. Ambil waktu untuk memilih kata – kata dan
tindakan yang mendukung efeknya.
Untuk mendapatkan apa yang Anda
inginkan adalah untuk membantu orang mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Dengan Anda, berurusan sebagai salah satu orang ke orang lain, mengalami
perilaku, jiwa manusia, kesalahan manusia, pengorbanan manusia, h manusia.
kelemahan manusia, dan emosi manusia hidup.
Perilaku ingar-bingar, penilaian
cepat, bicara cepat, cepat berjalan,cepat makan, dan cepat kembali dapat
menyebabkan Anda
• Datang di sebagai saraf, tersebar,
dendeng, putus asa, bergegas, sesak napas, takut, takut, khawatir (menyebabkan
stres dan mulas)
• Muncul kewalahan dari hal-hal dan
lingkungan
• Lihatlah organisasi memadai
• Kurangnya dalam berpikir
• Tidak jujur
Bagaimana
untuk pelan-pelan dalam bertindak.
• Memikirkan,memproiaskan dan
memilih.
• Menjalankan.
• Memiliki sebuah perangkat untuk
tetap dijalur kita.
Diam
dan mendengarkan
Bertanggung jawab penuh untuk segala
yang keluar dari mulut kita. Jika tidak tahu persis apa yang dikatakan, jangan
katakan jangan menambahkan polusi ribut yang terjadi didunia ini.
Membatasi bicara bukan berarti
konstribusi kita. Katakana apa yang dibutuhkan, buakn yang tidak dibutuhkan.
Sesuatu hal yang bagus adalah yang tidak ada satu pun yang tidak menimbulkan
masalah.
Diam danm mendengarkan tidak berate
menjadi membosankan, malu, keras kepala dan berkonstribusi maupun menyerah,
cemberut , dan bumkam. Hal itu karena memilih mendengarkan dann berpikir lebih
dahulu dibandingkan berbicara dan bertindak.
BAB
7 : MELENGKAPI TEKA-TEKI
Sekarang kamu tau keenam rahasia
ini. Semua yang ke enam ini harus dilakukan oleh Anda sepanjang waktu bagi Anda
untuk mencapai tujuan Executive Charisma: untuk mendapatkan tanggapan yang
efektif dari orang lain dengan menggunakan tindakan sadar dan menggunakan
kesopanan perhatian untuk mendapatkan hal-hal yang berguna dilakukan. Membuat
yang keenam ratus ini bagian dari Anda akan menyelesaikan teka-teki bagi
kesuksesan pribadi dan profesional Anda. Sekarang terserah Anda untuk
melakukannya.
Melakukan
yang sebaliknya
Anda sudah pasti melihat pola dari
semua keenam ini: Untuk melakukannya dengan baik, Anda melakukan kebalikan dari
apa yang biasanya kebanyakan orang lakukan. Ada yang sederhana, aturan utama
yang bekerja untuk segalanya, hampir sepanjang waktu. Aturannya adalah: Dalam
situasi apa pun Anda berada, cerdas mengamati apa yang kebanyakan orang lakukan
(dan apa yang Anda biasanya akan melakukan).
Melakukan yang sebaliknya atau
setidaknya suatu jenis dari kebalikan:
• Memulai ketika orang lain tidak
akan melakukan nya.
• Belajr menerima bukan merasa
terlayani dan tidak sama dengan orang lain.
• Memberi penerimaan bukannya
menghakimi.
• Bertanya bahkan jika kita sudah
mengetahui jawabannya.
• Meminta bantuan bukannya
melakukan,melakukan dan melakukan.
• Tetaplah berdiri tegak bahkan
ketika kita begitu lelah.
• Tersenyum ketika kita tidak merasa
seperti itu.
• Menunjukkan kemanusiaan atau
kembali Kediri kita.
• Menggunakan humor ketika sesuatu
hal itu terlalu serius.
• Tersentuh ketika lelah
• Pelan-pelan ketika kita melakukan
banyak hal yang ingin disampaikan.
• Mendengarkan ketika kita tidak
melakukannya.
Anda selalu mendengar nasihat ini,
“Anda harus melakukan satu hal dengan sangat baik dalam hidup untuk sukses.”
Satu hal yang harus Anda memilih untuk melakukannya dengan baik adalah dengan
melakukan kebalikan dari apa yang kebanyakan orang lakukan.
Untuk Executive Charisma, melakukan
yang sebaliknya. Melawan norma sosial tanpa aneh atau bodoh. Tidak mungkin
untuk melakukan sesuatu yang spektakuler kecuali Anda melakukan kebalikan dari
mayoritas.
Saya selalu duduk tepat di sebelah
orang yang Saya mengalami masalah terbesar.
Melakukan sebaliknya tidak keras
kepala, atau keras kepala. Ini menjadi
• Fleksibel, mudah beradaptasi,
berpikiran terbuka .
• Senang mengganggu
• Terbuka untuk penemuan di wilayah
baru
• Bersedia untuk menghindari jelas
dan melakukan hal yang tak terduga
• Curiga dan segan untuk pergi
bersama dengan apa pun yang menjadi popular
• Berani dalam melakukan sesuatu
yang berbeda dari cara Anda melakukannya sebelum
Ini bukan berarti bahwa Anda atau
orang lain yang salah dan sebaliknya adalah benar. Hanya saja pendekatan yang
berbeda akan memberikan hasil yang berbeda. Kadang-kadang lebih penting apa
yang tidak boleh dilakukan daripada apa yang harus dilakukan. Dan apa yang
tidak harus dilakukan adalah apa yang orang lain lakukan atau apa yang telah
Anda lakukan. Setidaknya, melakukan sebaliknya memberikan kebebasan yang luar
biasa dan pilihan yang tidak terbatas. Sebagai salah satu CEO mengatakan,
“Setelah Anda mendapatkan reputasi untuk menjadi sedikit berbeda dan langsung,
itu menakjubkan apa yang dapat Anda pergi dengan.”
Ketika saya menulis aturan ini, saya
juga mengatakan melakukan kebalikan dari apa yang akan Anda biasanya lakukan.
Ini bukan untuk mengatakan Anda salah sekarang. Tetapi jika apa pun yang sedang
Anda lakukan tidak bekerja, maka mungkin Anda salah. Apapun, jangan terus
melakukannya.
BAB
III PEMBAHASAN/ANALISIS
3.1
Pembahasan isi buku
Buku D.A Benton(Executive charisma)
• Terkadang ada kata-kata yang
menggunakan istilah yang sulit untuk dipahami. Pengulangan informasi sering
kali terjadi pada bab-bab berikutnya.
• Isi buku memiliki banyak
pengertian dari para-para pendapat.
• Penulis seakan-akan mengajak
pembaca untuk ikut dalam keadaan yang sebenarnya.
• Setiap bab penulis membuat satu
kesimpulannya yang dapat dimengerti.
Buku Kasminto, Ak., M.B.A. dan Drs.
Sjamsuddin(kepemimpinan)
• Pengertian dari setiap kata banyak
yang dibuat berulang-ulang, dan
• pengertiannya itu banyak
menggunakan kata-kata pemborosan.
• Menggunakan kata-kata yang
sederhana untuk dimengerti di kalangan pelajar maupun dikalangan mahasiswa.
• Di setiap akhir sub-bagian penulis
selalu membuat latihan-latihan untuk dipraktikan dalam kehidupan untuk menjadi
pemimpin.
• Banyaknya kata-kata motivasi yang
dibuat oleh penulis.
• Disetiap bagian penulis membuat
inti sari dari tulisan tersebut.
Buku Ner Le’Elef(LEADERSHIP &
MANAGEMENT)
• Buku ini membahas lebih mendalam
tentang kepemimpinan.
• Buku ini sangat sulit saya bahas
karena ada bahasa yang saya tidak tau.
• Buku ini menggunakan kata kata
yang sulit juga dimengerti karena ada kata-kata yang tidak bisa saya cari
dikamus bahasa inggris.
• Disetiap baba da rumusan masalah
dan saya dapat cepat mengerti krena pembahasan yang saya sangat mudah mengerti
• Buku ini membahas kepemimpinan
dari akar-akar kepemimpinan sampai ujung.
3.2
Kelebihan dan kekurangan isi buku
3.2.1
Kelemahan
• Terkadang ada kata-kata yang
menggunakan istilah yang sulit untuk dipahami. Pengulangan informasi sering
kali terjadi pada bab-bab berikutnya.
• Terkadang ada kata kata yang tidak
bisa saya translate karena tidak ada dikamus bahasa inggris atau npun digeogle
translate.
• Terkadang ada kata-kata yang tidak
berhubungan dengan kalimat yang ada dibuku tersebut.
3.2.2
Kelebihan
• Penulis seakan-akan mengajak
pembaca untuk ikut dalam keadaan yang sebenarnya.
• Setiap bab penulis membuat satu
kesimpulannya yang dapat dimengerti.
• Disetiap bab ada kata motivasi
yang diciptakan oleh para ahli. Dan kita termotivasi jika membacanya.
• Rumusan masalah dijelaskan dengan
bagus,walaupun banyak kata yang susah mengerti.,
Lihat Juga!
Lihat Juga!
BAB
IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Kepemimpinan merupakan aktivitas
untuk mempengaruhi orang lain agar mau diarahkan untuk memcapai suatu tujuan.
Dimana cara seorang pemimpin itu juga merupakan hal yang perlu untuk
mempengaruhi orang lain. Untuk menjadi seorang pemimpin itu dia harus bisa
memimpin dari lingkungan yang kecil yaitu dirinya sendiri, keluarga, perusahaan
hingga di linkungan yang besar yaitu Negara. Dengan kritikal buku ini kita
lebih dapat membandingkan antara dua buku tentang kepemimpinan dengan penulis
yang berbeda guna untuk menambah wawasan serta pengalaman dalam sikap
berkepemimpinan.
4.2
Rekomendasi
Mungkin akan jauh lebih baik apabila
mengunakan kata-kata yang sederhana mungkin guna mencapai pemahaman yang lebih.