MAKALAH - Pergulan Bebas Di Kalangan Remaja | Permasalahan Siswa Dan Siswi


BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
        Dewasa ini dimasyarakat modern sering terjadi pergaulan bebas terutama dikalangan remaja yang disebabkan oleh pengaruh yang negatif seperti internet dan disitus wap lainnya. Bukan hanya disitus wap, tetapi juga banyak tayangan dilayar televisi yang melakukan adengan-adengan yang kurang baik atau tidak mendidik, seperti: berngkulan dan berpakaian yang kurang sopan, yang tidak sesuai dengan adat kebudayaan kita. Akhirnya para remaja terpengaruh dan mengikutinya apalagi jika idola yang mereka puja, pasti setiap kelakuannya akan ditiru dan banyaknya remaja yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang juga minuman keras yang berakibat fatal pada kesehatan. Akibat dari pergaulan bebas ini tingkah laku para remaja tidak akan bisa terkontrol yang biasanya tidak pernah keluar malam akhirya akan sering keluar malam. Maraknya pergaulan bebas dijaman modern ini banyak meresahkan warga, terutama para orang tua harus selalu waspada untuk menjaga putra putinya agar tidak terpengaruh oleh pergaulan bebas.

I.2 RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana Pergaulan Bebas Dikalangan Remaja.

BAB II
PEMBAHASAN

Di zaman globalisasi ini para remaja harus di jauhkan dari dampak globalisasi ibaratnya kebebasan dari segala hal. Sehingga banyak kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk, hal itu tidak cocok denga kebudayaan di Negara kita yang melanggar peraturan yang berlaku di Negara ini terutama nagara kita yang masih menerapkan adat ketimuran. Para remaja dengan bebas dapat bergaul dengan sesame jenis tidak jarang di jumpai pemamdangan di tempat umum di mana para remaja saling berangkulan mesra tanpa memperdulikan masyarakat sekitarnya yang banyak merupakan orang tua. mereka sudah mengenal tentang pacaran sejak masa remaja. Pacar, bagi mereka merupakan salah satu bentuk gengsi yang mengharuskan mereka sampai melanggar peraturan. akibatnya di kalangan remaja kemudian terjadi persaingan untuk mendapatkan pacar.

1.2  BETUK-BENTUK PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN REMAJA
Perilaku menyimpang dikalangan remaja yang biasa disebut dengan kenakalan remaja, bentuknya bermacam-macam seperti :
a. Perkelahian secara perorangan atau kelompok (tawuran antar pelajar)
b. Mabuk-mabukan dan penyalah gunaan narkoba
c. Seks bebas, pemerkosaan dan penganiayaan
d. Pencurian dan perampokan serta penipuan dan lain-lain.

1.3  DAMPAK PERGAULAN BEBAS DI KALANGAN REMAJA
Perilaku yang penuh dengan kebebasan sering kali menagarah pda kenakalan yang sangat mencemaskansemua yang kita lihat setiap hari banyak remaja yang menyimpang banyaknya jumblah penyimpangan dikalangan remaja karena dari tahun ke tahun kasus seks bebas tidak dapat disembunyikan bahwa pelakunya dari kalangan remaja bahkan dari kalangan anak-anak SMA lebih banyak mengalami kasus seperti itu diberbagai media pemberitaan baik dimedia massa / media elektronik yang namanya seks bebas selalu saja muncul. Banyak orangb tua yang cenderung menjauhkan anak-anaknya dari dunia luar seperti menempatkan putra-putrinya ke pondok/asram. Dengan tujuan agar terhindar dari pergaulan bebas cara ini menjadikan anak-anak menjadi seseorang yang tidak mengetahui dunia luar.
Dampak dari pergaulan bebas seperti seks berujung kepada HIV/AIDS dan penyakit lainnya dan pastinya setelah terkena penyakit ini para remaja akan merasa hidupnya sudah tidak berarti dan mengakhirinya dengan bunuh diri. Dampak dari pergaulan bebas ini mencoreng kehidupan remaja yang semestinya masih dipenuhi dengan kegiatan bermain dan belajar.

1.4  PENGENDALIAN SOCIAL DI KALANGAN REMAJA
a. Belajar disiplin dengan cara membagi waktu, emosi, serta pemikiran yang baik.
b. Berkata sopan dengan orang lain agar terjalinnya hubungan baik dengan masyarakat.
c. Seorang remaja harus berfikir tentang masa depannya dengan cara memiliki cita-cita.
d. Tidak menghilangkan adat ketimuran yaitu adat istiadat nenek moyang kita.
e. Memperbanyak aktifitas yang positif seperti sholat, belajar, dan mengikuti setiap ceramah agama.
f.  Seorang remaja harus mempunyai prinsip tersendiri misalnya membuat jadwal untuk kegiatan sehari-harinya.
Dari solusi-solusi di atas masih banyak cara yang dapat di lakukan untuk mencegah pergaulan bebas ini. Orang tua dapat memberikan didikan yang benar dan menanamkan norma agama serta norma kesopanan sejak dini kepada anak-anak mereka, sehingga saat mereka keluar dari rumah dan berinteraksi dengan orang lain mereka tidak akan terpengaruh dengan kondisi dari lingkungan luar karena mereka mempunyai pegangan yang teguh dari keluarga ataupun dari agamanya.

BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
a. Definisi
Sudah diketahui pergaulan bebas begitu maraknya dikalangan remaja, saat ini pergaulan bebas dikalangan remaja sudah mencapai puncaknya dimana para rema0ja sangat sulit untuk dikendalikan.
b. Bentuk-bentuk pergaulan bebas
Seperti seks bebas, penyalah gunaan narkoba dan lain sebagainya.
c. Bahaya dan dampaknya
Dengan prnyalah gunaan narkoba tubuh akan terserang penyakit, akal sehat akan terganggu karna kehidupannya sudah bergantung kepada obat-obatan terlarang, apalagi seks bebas itu bisa menimbulkan penyakit HIV/AIDS  itupun belum ada obatnya.

DAFTAR PUSTAKA
Muin,idianto.2006.SosiologiSMA/MA.Jakarta: Erlangga.
Sumarsih,dkk,2013,SosiologiSMA/MA.Kartasura: CV.Hasan Pratama

Gambar Ilustrasi
Sumber Gambar: tim1stmturen.blogspot.co.id



Followers

Copyright © Education Support. Designed by OddThemes and Seotray.com